Cara Sederhana Meningkatkan Sistem Imunitas Anak

Cara Sederhana Meningkatkan Sistem Imunitas Anak

Membantu meningkatkan imunitas anak sebenarnya tidak bisa dibilang mudah namun juga tidak sulit. Asalkan orang tua memahami caranya maka akan mudah dilakukan. Anak yang memiliki sistem imun tubuh baik akan mencegah terserang penyakit yang akan mengganggu tumbuh kembang dan aktivitas si kecil.

Tips Meningkatkan Imunitas Anak

Secara normal, sistem imun akan diproduksi sendiri untuk melindungi tubuh dari zat-zat asing atau mikroorganisme seperti virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun ada saatnya sistem imun menurun sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatannya tentu sistem imun harus selalu dijaga dengan beberapa cara ini yaitu :

  1. Jangan biarkan anak murung

Anak juga memiliki perasaan sehingga anak bisa merasakan sedih dan murung sehingga tidak ingin melakukan aktivitas seperti biasanya. Peran orang tua di sini penting yaitu menghibur anak dan bertanya apa yang sedang mengganggunya.

Temani anak hingga ia tenang, nyaman, dan merasa terlindungi. Kemudian dengarkan anak dengan seksama apabila ia mulai bercerita tentang masalahnya. Perasaan yang murung dan sedih dapat berdampak pada sistem imunnya sehingga menjadi mudah sakit apalagi sampai berdampak pada nafsu makannya.

  1. Aktif berolahraga

Ajarkan anak untuk aktif berolahraga secar rutin, biarkan juga anak beraktivitas di luar sesuai keinginannya dan jangan dibatasi. Dengan ini anak tidak hanya selalu di rumah dan menonton TV. Tubuh yang aktif dapat membantu meningkatkan sistem imunitas anak dan juga lebih sehat dibandingkan hanya duduk di rumah dengan minim pergerakan.

  1. Berikan nutrisi yang cukup

Ibu juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi harian si kecil terutama vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem imunnya. Berikan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral karena memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan juga pertumbuhannya.

Selain makanan, ibu bisa memberikan susu Nutrilon Royal yang kaya akan vitamin dan mineral, karbohidrat, protein, lemak, omega 3, omega 6, prebiotik, zat besi, kalsium dan kandungan lainnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung fungsi otak, pertumbuhan tulang dan gigi, dan lainnya.

  1. Pastikan anak tidur cukup

Tidur juga menjadi faktor yang mempengaruhi sistem imunitas si kecil. Dengan istirahat yang cukup, tubuh dapat memproduksi zat protein yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh akan terjaga dan terlindungi dari mikroorganisme penyebab penyakit. Tidur cukup juga dapat memberikan energi yang maksimal untuk beraktivitas.

  1. Berjemur

Berjemur juga dapat meningkatkan imunitas anak. Disarankan untuk berjemur pada pukul 9-10 pagi selama 5 hingga 15 menit dan tidak lebih agar kulit tidak terbakar dan malah menurunkan sistem imun. Cukup lakukan selama 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Deskripsi : imunitas anak dapat dijaga dan ditingkatkan dengan perhatian ibu yang tepat dan dilakukan sehari-hari.