5 Manfaat Penting Kalsium bagi Tumbuh Kembang Anak

5 Manfaat Penting Kalsium bagi Tumbuh Kembang Anak

  18 Feb 2020

Kalsium merupakan satu dari banyaknya nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak di masa emas pertumbuhannya. Kalsium bisa diperoleh dengan mudah dari susu formula yang kaya akan kalsium, misalnya seperti susu SGM. Kalsium terutama sekali bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang. Agar Anda sebagai orang tua menyadari betapa pentingnya kalsium, simak 5 manfaatnya berikut ini.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat utama kalsium bagi anak tentu saja adalah mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, serta memastikan kesehatannya. Anak yang mendapatkan asupan kalsium yang cukup, dipastikan akan memiliki tulang dan gigi yang kuat. Sebaliknya, jika kalsium yang diperoleh anak terbilang sedikit, maka di masa depan, tulang dan giginya akan rentan mengalami pengeroposan.

  1. Menhindarkan Anak dari Risiko Stunting

Stunting merupakan kondisi di mana tinggi badan anak di bawah rata-rata tinggi anak seusianya. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi di masa tumbuh kembang anak, terutama sekali asupan kalsiumnya. Jika Anda tak ingin tinggi badan anak berhenti sebelum waktunya, cukupilah asupan kalsiumnya, salah satunya dengan memberinya susu formula kaya kalsium.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Saraf dan Otot

Tahukah Anda kalau kalsium juga dapat membantu untuk mengoptimalkan fungsi dari saraf dan otot tubuh? Saat saraf merangsang kerja otot, maka kalsium dalam tubuh akan dilepaskan. Kemudian, kalsium tersebut akan membantu kerja protein untuk memicu kontraksi pada otot. Otot akan kembali rileks, saat kalsium tersebut kembali dipompa keluar dari otot.

  1. Melancarkan Proses Pembekuan Darah

Kalsium sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan atau penggumpalan darah. Adanya kandungan kalsium yang cukup dalam tubuh, membuat darah bisa membeku dengan lancar. Jika sekiranya anak Anda mengalami defisiensi kalsium, maka proses pembekuan darah akan terganggu. Jika sekiranya anak terluka, risiko pendarahan akan begitu tinggi.

  1. Menghindarkan Anak dari Risiko Obesitas

Asupan makanan anak yang tak terkendali, merupakan salah satu penyebab anak mengalami obesitas. Obesitas pada anak pun sama berbahaya risikonya dengan yang dihadapi orang dewasa. Apalagi kebanyakan orang tua menganggap jika semakin banyak anaknya makan, maka akan semakin sehat tubuhnya.

Lalu, bagaimana kerja kalsium dalam mengurangi risiko obesitas pada anak? Begini, kalsium dengan kadar yang tinggi dalam tubuh akan mengurangi konsentrasi kalsium dalam lemak, dengan cara mengurangi produksi hormon paratiroid dan bentuk aktif dari vitamin D. Jika konsentrasi kalsium dalam lemak turun, proses pemecahan lemak pun akan mengalami peningkatan.

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang begitu krusial manfaatnya bagi kesehatan tubuh anak. Jika sekiranya anak kekurangan kalsium, proses tumbuh kembangnya, khususnya pada tulang dan giginya, akan terganggu. Kalsium sendiri terbilang mudah untuk diperoleh, salah satunya dari susu formula yang kaya akan kalsium seperti susu SGM.